Agar Siomay Trend seperti Jusuf Kalla

6:31 AM

Ketika mendengar nama JK, tentunya yang terpikirkan adalah salah satu tokoh politik asal Makassar dan sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia (RI).
Namun, lain lagi dengan “JeKa” yang satu ini, salah satu penganan yang ada di Makassar yakni JeKa Siomay. Memang hampir sama dengan siomay pada umumnya, tapi namanya dibuat lebih menarik agar gampang diingat.

“Kenapa saya namakan JeKa, itu karena kebetulan Ayah saya dari Jeneponto dan Ibu saya dari Kendal. Makanya saya beri nama JeKa. Agar lebih hoki seperti Pak JK,” kata Owner JeKa Siomay Aktur Ryank Pratama, ketika ditemui Harian Amanah, Rabu (1/11).

Aktur, sapaannya, mengisahkan, melihat kuliner di Kota Daeng sangat diminati dan belum ada brand khusus siomay, ia pun berinisiatif untuk membuka usaha ini.

Awal merintis ia mengungkap memulai dari nol tanpa modal, sehingga memutuskan untuk meminjam dana Rp13 juta dari keluarga, lalu membuka kedai sederhana di Jalan AP Pettarani samping Sekolah Dasar (SD) IKIP.

“Hanya berjalan sebulan, saya sudah bisa mengembalikan pinjaman,”

Dengan tekad yang besar, proses penjualannyapun berjalan lancar. Namun suatu ketika ia mengalami hambatan, karena harus diusir dari lokasi penjualannya dengan alasan tempat tersebut akan renovasi. Padahal produk siomay-nya mulai berkembang dan digemari masyarakat.

Akhirnya, ia pindah ke Jalan Tamalate 1 pada Agustus 2016. Alhasil, semenjak pindah pembelinnya semakin bertambah.

“Sekarang, kami lebih fokus menerima pesanan dari pondokan atau berbagai acara seperti pernikahan, aqikah, ataupun pengajian,” ungkapnya.

Berdayakan Anak Panti
Ia mengatakan, sebagai pengusaha harus memiliki mental yang kuat, karena dalam memulai kadang mengalami suka dan duka. Menurutnya, jika mental seseorang tidak kuat akan menimbulkan sifat cepat menyerah.

“Tekniknya itu bisa diatasi dengan terus belajar memperbaiki produk agar mendapatkan rasa dan kualitas yang baik,” ujarnya.

Motivasi tersebut yang ia tanamkan dalam dirinya, walaupun terkadang mendapatkan masalah untuk tetap berusaha.

Baginya, menjadi pengusaha dengan penghasilan yang terjamin. Ia tetap saling berbagi sehingga lebih bermanfaat kepada masyarakat.

Tak hanya itu, ia bahkan sudah mempunyai program setiap enam bulan, yakni mengambil anak panti asuhan untuk diberdayakan sebagai karyawan.

“Karena anak panti sudah memiliki bekal agama Islam yang mumpuni, bisa lebih disiplin. Sehingga tinggal diarahkan apa yang harus dilakukan,” imbuhnya.

Ikan Tenggiri Asli
Memiliki kualitas siomay yang dijamin enak dan berkualitas dan berbeda dengan penjual lainnya, ia tentunya memakai bahan dasar Ikan Tenggiri asli tanpa campuran bahan yang lain.

“Ikan Tenggiri merupakan ikan ekspor sangat cocok untuk pembuatan siomay, karena memiliki warna yang putih, rasanya pun dijamin enak. Selain itu, Aroma Ikan Tenggiri sangat sedap pada saat dimasak,” ungkapnya.

Dalam produksi Ikan Tenggiri, ia sudah mendapat suplai dari Pasar Lelong, Potere, serta daerah Galesong.

Alat dan Bahan
Bahan:
  1. Ikan tenggiri: Rp7.500 @1 ekor
  2. Tepung tapioka: Rp4.500 @1 kg
  3. Merica: Rp1.000 @1 bungkus
  4. Garam: Rp2.000 @1 bungkus
  5. Gula: Rp12.000 @1 liter

Alat
  1. Blender: Rp300.000
  2. Panci: Rp410.000
  3. Kemasan: Rp1.000

Cara Pembuatan JeKa Siomay
1.      Semua bahan dicampurkan menjadi satu
2.      Kemudian diberi es batu
3.      Aduk hingga merata
4.      Campurkan Ikan Tenggiri yang telah diblender kemudian aduk menjadi adonan
5.      Cetak adonan menggunakan cetakan pangsit
6.      Masukkan dalam alat pengukusan
7.      Kukus sampai matang 

Perkembangan usaha
  1. Produksi 500-700 biji perhari bergantung dari pesanan pelanggan
  2. Mempunyai tujuh karyawan, tiga diantaranya dari kalangan anak panti asuhan
  3. Akan membuka dua-tiga cabang pada 2018 mendatang di daerah perintis
  4. Bekerjasama dengan go-jek
  5. Tawarkan harga paket siomay dan batagor masing-masing paket ekonomis Rp12.000, paket premium Rp15.000 dan paket jumbo Rp17.000

Motivasi Usaha
-          Rajin berbagi setiap saat
-          Selalu ingin memberikan manfaat kepada orang lain
-          Sering membantu memberi soluasi bagi masyarakat yang membutuhkan makanan

You Might Also Like

0 komentar